Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi saat ini kendaraan bermotor memenuhi jalan. Sehigga menyebabkan kemacetan hampir di semua kota Pulau Jawa. Hal ini di pengaruhi oleh kebutuhan transportasi yang versatile, selain harganya yang relatif murah daripada mobil. Dengan kemajuan teknolgi mesin engine yang semakin maju, saat ini sepeda engine juga kuat untuk perjalanan lintas propinsi. Ambil contoh saja orang perantauan di Jakarta pulang kampung sebagian besar mengunakan sepeda engine. Namun terkadang seseorang lalai memperhatikan engine karena kesibukan akan kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda yang memiliki sepeda engine maka meluangkanlah sedikit waktu Anda untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan.
Jika ingin engine milik Anda lebih awet mesinnya sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan, berikut tips merawatnya.
Jika membeli sepeda sepeda motor baru
Jangan digunakan untuk membawa beban terlebih dahulu negligible sampai 500 KM, ini penting karena olie masih lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan komponen mesin. Cobalah untuk menjalankan sepeda engine pada kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan maksimal agar mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah perawatan complimentary yang di berikan oleh merchant diman Anda membeli sepeda engine. Umumnya diberikan free servis dan ganti olie 3 kali jalan. Pertama pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan ketiga pada KM 2000. Itu bukan hanya sebagai reward, namun untuk menjaga usia mesin untuk jangka panjang. Belum tentu engine baru tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam perakitannya, maka diperlukan pengecekan segera setelah 500 KM pemakaian pertama, untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan.
Tips:Khusus sepeda engine bermesin 4 langkah,tuangkan sedikit olie kedalam lobang knalpot.Hal ini agar knalpot orisinil engine anda lebih awet karena tidak mudah keropos.
Perawatan berkala (tune up)
Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores(aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel resmi. Debu dan kotoran yang terhisap oleh karburator dan mengendap akan mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat tuneup.
Mengenai kapan waktu perfect untuk tuneup, lakukanlah setiap 2 bulan sekali atau bila kilometer sudah 2000 KM perjalanan. Namun jika anda merasa bahwa sepeda engine Anda tidak terasa nyaman seperti biasa, maka lakukan lah tune up kebengkel resmi.
Penggantian Olie
Standard kekentalan olie yang dipakai kendaraan adalah SAE (Society of Automotive Engineer). Namun, kebanyakan olie yang dijual sudah memenuhi standard untuk iklim di Indonesia. Jadi Anda sudah tidak perlu khawatir mendapatkan standard olie yang salah untuk engine A nda.Yang perlu diperhatikan adalah kapan saat mengganti olie yang tepat.Hal ini biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang Anda beli. Mengganti olie melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak baik bagi engine. Olie yang telah melewati batas akan mengencer dan tidak sesuai lagi. Maka gantilaholi setiap kilometer menunjkan 2000 KM perjalanan atau pada saat Anda melakuan perawatan berkala.
Tips: Disiplin mengganti olie engine dengan berpatokan pada batas kilometer pemakaian olie ,akan membuat engine anda selalu prima.
Pemakaian rutin motor
Jangan menggeber-gember gas engine anda atau melakukan tarikan gas spontan. Hal ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin,katup bahan bakar,kopling,piston dan stang piston.Terutama jika engine anda memakai teknologi mesin 4 langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit pada sistem bahan bakarnya,dan inilah yang sering bermasalah. Jika engine anda memakai gigi manual,pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan engine. Jika jalanan menanjak, engine butuh tenaga lebih besar maka kurangi gigi dengan yang lebih sesuai. Jika engine baru begin berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4,tapi mulailah dari gigi 1.Hal ini berpengaruh pada stang piston,piston,kopling dan rantai mesin (4 langkah).
Tips : Terapkan Tradisi pemanasan mesin engine terlebih dulu sebelum dipakai, jika engine telah nganggur selama 8 Jam atau lebih. Engine yang telah lama didiemin maka olie akan turun kembali dari bagian sempit dan mengumpul di bak olie.Pemanasan mesin ini agar olie kembali lagi mengaliri kedalam bagian mesin yang perlu dilumasi.Terutama untuk jenis mesin engine 4 langkah,karena jenis mesin ini hanya mengandalkan olie mesin saja.
ØKebersihan
Biar rangka engine lebih awet,rajin rajinlah mencuci engine anda agar tidak cepat berkarat dan keropos.Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan.
Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga engine anda bisa menjadi lebih awet dan tetap prima.Dan yang terpenting,harga jual kembali akan tetap tinggi jika ingin ganti engine yang baru.
Bagikan
Cara Merawat Motor Agar Tetap Nyaman Berkendara , Awet dan Enteng Tarikannya
4/
5
Oleh
Unknown